Apa Itu Pendarahan Implantasi? Yuk Simak 7 Faktanya

pendarahan implantasi

Pendarahan Implantasi

Pendarahan implantasi adalah pendarahan ringan atau bercak yang terjadi antara 7 sampai 14 hari setelah pembuahan. Setelah pembuahan, sel telur yang matang dan siap dibuahi oleh sperma, embrio mulai membelah dan tumbuh. Pada proses ini, lapisan di dalam rahim (endometrium) sudah menebal sepanjang siklus menstruasi untuk melindungi dan memelihara embrio. Sekitar 5 sampai 6 hari setelah pembuahan, embrio akan bergerak bergerak melalui saluran tuba falopi dan masuk ke dalam rahim. 

Embrio akan membutuhkan lebih banyak nutrisi dan menempelkan dirinya ke endometrium, di mana embrio menjadi bergantung pada tubuh Ibu untuk pertama kalinya agar memperoleh nutrisi dan oksigen. Hal ini dapat mengganggu pembuluh darah kecil, tetapi tidak akan menyebabkan masalah karena endometrium akan pulih. Namun, beberapa Ibu akan mengalami pendarahan ringan, dari keputihan merah muda, merah hingga coklat

Tanda dan Gejala

pendarahan implantasi

Pendarahan implantasi dianggap menjadi salah satu gejala awal kehamilan. Gejala ini terjadi menjelang siklus haid berikutnya, sehingga banyak Ibu yang bingung apakah hal ini merupakan gejala awal kehamilan atau menstruasi. Berikut adalah tanda-tanda lain dari implantasi:

  • Kram yang lebih ringan dibandingkan kram karena menstruasi  
  • Perubahan suasana hati
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Nyeri payudara
  • Sakit punggung bawah

Perbedaan Perdarahan Implantasi dan Menstruasi

Sebenarnya tidak mudah untuk membedakan antara implantasi dan menstruasi. Namun, Ibu dapat mengetahui beberapa tanda implantasi berikut ini:

  1. Warna
    Implantasi lebih cenderung berwarna merah muda-coklat. Pendarahan menstruasi biasanya mulai berwarna merah muda atau coklat, tetapi segera berubah menjadi merah tua.
  1. Kekuatan aliran/ Volume
    Implantasi biasanya berupa bercak ringan. Berbeda dengan menstruasi yang mungkin awalnya mengalir dengan  ringan, tetapi alirannya semakin kuat.
  1. Kram
    Kram yang menandakan implantasi biasanya nyeri terasa ringan dan berlangsung pendek. Kram karena menstruasi biasanya nyeri terasa  lebih kuat dan berlangsung lebih lama.  
  1. Pembekuan
    Jika Ibu melihat gumpalan dalam perdarahan, dapat dipastikan bahwa itu adalah menstruasi. Implantasi tidak akan menghasilkan campuran darah dan jaringan tersebut.
  1. Konsistensi
    Implantasi lebih seperti bercak. Namun, menstruasi dimulai dengan ringan dan semakin berat.

Berapa Lama Pendarahan Implantasi Berlangsung?

Pendarahan implantasi hanya berlangsung selama beberapa jam sampai tiga hari. Bila darah berwarna merah terang atau merah tua, berlangsung lebih dari tiga hari, serta mengalir deras, berarti Ibu tidak mengalami implantasi. Setiap ibu hamil memiliki volume/bercak darah yang berbeda-beda.

Apabila durasi pendarahan Ibu lebih pendek dari biasanya (< 3 hari), pendarahan tidak deras tapi hanya bercak ringan, warnanya lebih merah muda/kecoklatan daripada merah, dan kram yang dialami lebih ringan dari biasanya, kemungkinan Ibu mengalami pendarahan implantasi.

Kapan Harus Melakukan Tes Kehamilan?

BukuBumil - Apa Itu Pendarahan Implantasi? Yuk Simak 7 Faktanya - pendarahan implantasi

Tidak mudah untuk membedakan antara implantasi atau bercak menstruasi, oleh karena itu, Ibu dianjurkan   melakukan tes kehamilan untuk memastikan bahwa Ibu hamil. Tes kehamilan mengukur tingkat hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam darah. Hormon ini dibuat oleh plasenta yang memberi nutrisi pada embrio yang baru berkembang.

Tes kehamilan dengan urin yang biasanya dapat dilakukan sendiri di rumah, 99 persen akurat. Tes kehamilan dengan urin biasanya dapat mendeteksi kadar HCG ini dalam urine sekitar 10 hari setelah terlambat haid. Namun, bahkan jika Ibu benar-benar hamil, Ibu mungkin masih mendapatkan hasil negatif. Jika Ibu mendapatkan hasil negatif tetapi masih memiliki gejala kehamilan, tunggu 7 hari dan tes lagi.

Tes kehamilan dengan darah yang dilakukan oleh dokter dapat mendeteksi kehamilan  setelah 11 hari  pembuahan. hCG tidak diproduksi sampai setelah implantasi, jadi tes kehamilan pada tanda pertama pendarahan implantasi kemungkinan akan menghasilkan hasil negatif.

Tes kehamilan mungkin tidak selalu akurat di awal kehamilan. Dianjurkan Ibu menunggu sekitar satu minggu dapat membantu meningkatkan kemungkinan hasil tes akan akurat. Ibu juga dapat menemui dokter bila Ibu merasakan tanda-tanda kehamilan.

Pengobatan

Pendarahan implantasi adalah tanda khas kehamilan dan biasanya tidak berbahaya. Karena itu, tidak perlu pengobatan. Pendarahan yang disebabkan oleh implantasi biasanya hilang dalam beberapa hari tanpa perawatan khusus. Pendarahan berat mungkin merupakan tanda menstruasi atau komplikasi kehamilan. Segera periksa ke penyedia layanan kesehatan jika Ibu mengalami pendarahan berat.

Pendarahan Lainnya yang Dapat Terjadi Selama Kehamilan

BukuBumil - Apa Itu Pendarahan Implantasi? Yuk Simak 7 Faktanya - pendarahan implantasi

Perdarahan sering terjadi pada trimester pertama. Ketika Ibu mengalami pendarahan ringan, hal ini mungkin disebabkan oleh leher rahim lebih sensitif atau muncul pembuluh darah tambahan.

Namun, perdarahan yang berwarna merah terang atau berat selama kehamilan dapat menandakan masalah yang lebih serius. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Perdarahan subkorionik

Pendarahan ini terjadi ketika plasenta terlepas dari tempat asal implantasi.

Terjadi hanya di 1 hingga 2 persen kehamilan. Hal ini terjadi ketika sel telur dibuahi di luar rahim. Jika Ibu merasakan sakit yang hebat di satu sisi atau sakit di belakang perut, segera konsultasikan dengan dokter atau bidan.

  • Kehamilan molar

Hal ini terjadi ketika massa jaringan berkembang dari telur yang ditanam, bukan bayi.

Keguguran adalah komplikasi kehamilan yang paling umum, yang merupakan kegagalan kehamilan spontan sebelum usia kehamilan menginjak 20 minggu. 

Ibu yang mengalami pendarahan yang lebih berat akan membutuhkan tindakan medis. Aliran darah yang deras atau terus-menerus yang disertai dengan kram menstruasi atau pembekuan darah mungkin merupakan tanda komplikasi. Segera periksa ke pelayanan kesehatan jika Ibu mengalami hal tersebut.

Nah, sekarang bunda sudah tahu kan perbedaan perdarahan implantasi dan menstruasi, lebih hati-hati lagi ya bun dengan kondisi kehamilan bunda. yuk bun share artikel ini ke bunda lain.

Baca Juga: Ssst…9 Makanan ASI Booster, Yakin Udah Pernah Coba?

Referensi:

  • American Pregnancy. (2021). What is Implantation Bleeding?https://americanpregnancy.org/pregnancy-symptoms/what-is-implantation-bleeding
  • Healthline. (2020).  Implantation Bleeding vs. Period Bleeding: How to Tell the Difference. https://www.healthline.com/health/implantation-bleeding-vs-period#signs-and-symptoms
  • Medical News Today. (2022) . What causes implantation bleeding?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318659#treatment
  • WebMD. (2020).  Implantation Bleeding.  https://www.webmd.com/baby/implantation-bleeding-pregnancy
  • What to Expect. (2021). Is It Implantation Bleeding or Just My Period?. https://www.whattoexpect.com/getting-pregnant/implantation-bleeding/#what