3 Rekomendasi Baju Ibu Hamil dan Menyusui yang Ramah Dompet

baju ibu hamil

Banyak Ibu yang kebingungan untuk memakai baju yang cocok saat hamil maupun menyusui. Salah satu hal yang dikhawatirkan adalah apakah baju tersebut nyaman digunakan, tetap menarik, dan cantik ketika dipakai. Eits, jangan khawatir, Bun, karena saat ini sudah beragam pilihan baju ibu hamil yang dapat digunakan. Mungkin Ibu mulai bertanya-tanya kapan waktu yang tepat menggunakan baju ibu hamil dan apa saja rekomendasi baju ibu hamil yang nyaman digunakan. Untuk tahu jawabannya, yuk, simak artikel di bawah, Bun!

Apakah Perlu Baju Ibu Hamil?


Apakah Perlu Baju Ibu Hamil?
Apakah Perlu Baju Ibu Hamil?

Sebelum Ibu berencana membeli baju hamil, pertimbangkan dahulu apakah Ibu benar-benar membutuhkannya dengan memperhatikan beberapa hal ini:

  • Pemilihan baju ibu hamil harus didasarkan pada preferensi atau kesukaan masing-masing dan juga kenyamanannya saat dipakai
  • Beberapa orang masih bisa menggunakan baju sebelum hamil karena sudah memiliki banyak baju yang oversize, longgar, atau melar
  • Beberapa Ibu mungkin sulit memakai baju sehari-hari sehingga harus membeli pakaian saat hamil di awal trimester sedangkan yang lain baru membeli baju ibu hamil ketika memasuki trimester ketiga.

Ibu perlu mengingat bahwa pertimbangan di atas tidak ada yang benar maupun salah. Setiap perubahan tubuh yang Ibu alami tentu berbeda dengan ibu lainnya sehingga keputusan membeli baju ibu hamil atau tidak semuanya bergantung pada kebutuhan masing-masing. 

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan baju ketat saat hamil. Hal tersebut tidak direkomendasikan karena dapat membatasi perubahan bentuk wanita hamil. Pakaian yang terlalu sempit itu dapat memperburuk fungsi sistem saraf otonom, memperburuk fungsi pencernaan makanan, menurunkan aktivitas otot batang tubuh, memperburuk masalah konstipasi atau sulit BAB.

Perubahan Tubuh Saat Hamil

Perubahan Tubuh Saat Hamil
Perubahan Tubuh Saat Hamil

Persepsi wanita terkait citra tubuh kehamilan tentunya bervariasi dan bergantung pada cara mereka mendefinisikannya. Bagi sebagian orang, penambahan berat badan dan perubahan bentuk tubuh saat hamil adalah hal yang menyenangkan sedangkan bagi yang lain, hal tersebut sangat sulit untuk diterima. Lalu, apa saja perubahan tubuh yang disebabkan kehamilan?

Tidak hanya menambah berat badan, kehamilan juga menyebabkan perubahan hormon yang memperbesar ukuran payudara untuk persiapan menyusui calon buah hati. Selain itu, mungkin bagi Ibu untuk memiliki stretch mark dan terkadang kulit ibu akan berjerawat. Merasa nyaman dengan tubuh sendiri sebelum kehamilan dapat membantu Ibu menerima perubahan fisik dan emosional selama kehamilan dengan baik. Lalu, bagaimana caranya mencintai dan menerima tubuh Ibu selama hamil? Berikut tips dari BukuBumil:

  1. Tanamkan mindset bahwa perubahan tubuh yang Ibu alami membantu calon buah hati untuk tumbuh dan berkembang serta merupakan hal yang normal
  2. Ungkapkan perasaan yang Ibu alami kepada pasangan, keluarga, dan teman. Jika Ibu memendam perasaan, dikhawatirkan akan memperburuk perasaan terhadap cara Ibu menerima perubahan yang terjadi
  3. Melakukan aktivitas fisik secara rutin, seperti jalan santai yang dapat membantu Ibu menjernihkan pikiran dan teralihkan fokusnya
  4. Terus belajar tentang kehamilan, dengan mengedukasi diri, Ibu akan tahu apa yang harus diharapkan dan yang bisa dikendalikan selama kehamilan
  5. Jangan ragu mencari bantuan atau dukungan mental jika Ibu membutuhkannya. Ibu tidak perlu malu untuk mencari bantuan karena hal itu baik bagi Ibu dan calon buah hati.
  6. Fokus pada situasi sekarang. Banyak ibu hamil yang takut kesulitan kembali ke tubuh normal setelah selesai persalinan nanti. Alih-alih khawatir dengan hal tersebut, coba untuk berpikir positif pada keadaan saat ini bahwa faktanya Ibu akan segera memiliki sang buah hati.

Baca juga Senam Kegel Setelah Melahirkan  

Rekomendasi Membeli Baju Ibu Hamil

Ibu dapat menemukan baju ibu hamil berkualitas di toko besar, kecil, mall, hingga secara online. Pertimbangkan anggaran, selera, kebutuhan, dan gaya hidup Ibu ketika berbelanja pakaian saat hamil. BukuBumil juga menawarkan berbagai produk kehamilan yang dapat Ibu beli, loh! Ada apa aja yaa? Yuk, lihat shopee BukuBumil di link berikut.

Untuk baju ibu hamil, BukuBumil ada beberapa rekomendasi nih, Bun, yaitu:

  1. Sorex Maternity Dress Ibu Hamil dan Ibu Menyusui
BukuBumil - 3 Rekomendasi Baju Ibu Hamil dan Menyusui yang Ramah Dompet - baju ibu hamil

Sorex Maternity Dress Ibu Hamil (Bumil) & Ibu Menyusui (Busui) – Freesize JA204 – Baju Hamil & Menyusui Kekinian | Rp 119.900
BukuBumil - 3 Rekomendasi Baju Ibu Hamil dan Menyusui yang Ramah Dompet - baju ibu hamil

Baju ini terbuat dari 100% bahan katun linen yang halus dan lembut. Selain itu, ada juga tali dibagian perut yang memudahkan Ibu saat memakainya. Bahkan, baju ini juga busui friendly, loh, Bun karena ada kancing di bagian depan. BukuBumil menyediakan 6 warna pastel yang lucu banget nih, Bun ada warna krem, ungu, pink, biru, hijau, dan abu-abu. 

  1. Sorex Maternity Long Pants Ibu Hamil
BukuBumil - 3 Rekomendasi Baju Ibu Hamil dan Menyusui yang Ramah Dompet - baju ibu hamil
Sorex Maternity Long Pants – Celana Ibu Hamil (Bumil) Panjang Plus Size Freesize (JB302) | Rp 99.900
BukuBumil - 3 Rekomendasi Baju Ibu Hamil dan Menyusui yang Ramah Dompet - baju ibu hamil

Celana hamil ini terbuat dari bahan premium yang lembut, adem, dan nyaman di kulit. Tersedia juga karet kancing pengatur untuk menyesuaikan besar kecilnya lingkar perut bumil, loh! Pastinya kalau Ibu pakai celana ini, bakal betah, hepi, dan bebas bergerak. Untuk lengkapnya tinggal klik link ini ya, Bun!

  1. Sorex Maternity Legging Long Pants Ibu Hamil
BukuBumil - 3 Rekomendasi Baju Ibu Hamil dan Menyusui yang Ramah Dompet - baju ibu hamil
Sorex Maternity Legging Long Pants – Celana Ibu Hamil (Bumil) Panjang – Plus Size MTR JC402 | Rp 89.900
BukuBumil - 3 Rekomendasi Baju Ibu Hamil dan Menyusui yang Ramah Dompet - baju ibu hamil

Celana panjang legging hamil ini terbuat dari bahan katun spandeks yang berkualitas, lembut, adem, elastis, dan sangat nyaman dipakai. Selain itu, juga ada karet pengatur yang bisa disesuaikan dengan lingkar perut Ibu, loh! Jadi, jangan khawatir kalau nanti kekecilan.

Selain 3 produk di atas, masih banyak produk kehamilan berkualitas yang bisa Ibu beli nih. Selain itu, ini rahasia di antara kita aja ya, Bun, ternyata BukuBumil lagi ada voucher 50% cashback loh! Yuk, buruan dipilih-pilih Bun.

Tips Hemat Membeli Baju Ibu Hamil

Selain berbelanja, ternyata ada cara lain untuk mendapatkan baju ibu hamil yang sesuai dengan kebutuhan Ibu, yaitu:

  1. Periksa lagi lemari Ibu

Ibu bisa mulai untuk memilah-milah baju apa saja yang bisa dipakai saat hamil, seperti gaun longgar atau elastis, rok dan atasan yang jatuh ke bawah, kemeja kancing besar, sweater, kardigan besar, dan kemeja yang lembut dan elastis.

  1. Meminjam dari teman

Jika Ibu memiliki teman dengan ukuran tubuh yang sama dan baru saja hamil, jangan ragu untuk menanyakan apakah mereka mau meminjamkan baju ataupun membeli baju dari mereka.

  1. Cari diskon

Ibu harus update nih dengan diskon, terutama yang ada di toko online. Ibu akan mendapatkan banyak diskon di hari belanja online nasional atau tiap awal bulan.

  1. Beli baju bahan elastis agar dapat menyesuaikan perubahan tubuh Ibu

Ibu perlu mengingat bahwa ukuran baju di awal kehamilan tentunya akan berbeda saat usia kandungan Ibu mencapai 34 minggu sehingga belilah pakaian yang akan mengikuti perubahan tubuh Ibu dengan bahan yang mengembang atau elastis.

Nah, itu dia tips dari membeli baju ibu hamil yang hemat dan sesuai keinginan Ibu, yuk, bagikan artikel ini dengan ibu hamil lainnya!

Referensi: